Pengertian Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan

ilmuhewan
ilmuhewan
Pengertian Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan - Mahluk hidup baik manusia, hewan maupun tumbuhan, dalam hidupnya tidak hanya sekedar bertumbuh, melindungi diri maupun bertahan hidup melainkan juga perlu berkembangbiak dengan tujuan untuk melestarikan jenis dan keturunannya. Masing-masing mahluk hidup memiliki caranya masing-masing dalam berkembangbiak. Untuk tumbuhan, proses berkembangbiakan dapat terbagi menjadi dua cara, yaitu perkembangbiakan secara aseksual atau biasa disebut dengan perkembangbiakan vegetatif maupun secara seksual atau perkembangbiakan secara generatif.
Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan atau biasa dikenal dengan reproduksi generatif adalah perkembangbiakan tumbuhan secara kawin atau pembuahan. Perkembangbiakan generatif ini membutuhkan alat kelamin jantan dan alat kelamin betina yang pada akhirnya nanti terjadinya peleburan dan akan menghasilkan zigot serta tumbuh menjadi organisme baru.

https://ilmudasar.id/pengertian-contoh-dan-cara-perkembangbiakan-generatif-pada-tumbuhan/

Proses perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan adanya peristiwa penyerbukan, yang kemudian diiringi dengan adanya pembuahan. Penyerbukan merupakan suatu peristiwa sampainya serbuk sari (alat kelamin jantan) ke kepala putik (alat kelamin betina), dimana serbuk sari ini mengandung spermatozoid atau sel kelamin jantan yang terdapat pada kepala sari. Proses penyerbukan ini dapat terjadi secara alami ataupun dibantu baik dengan bantuan manusia maupun serangga.
Setelah terjadinya penyerbukan, serbuk sari ini akan masuk kedalam bakal biji yang terdapat pada bagian sel kelamin betina. Sel kelamin betina pada tumbuhan atau yang biasa disebut putik ini terdiri dari kepala putik, tangkai, dan bakal buah yang memiliki satu atau bahkan lebih bakal biji didalamnya. Hal ini lah yang merupakan proses pembuahan, yang mana merupakan proses peleburan gamet jantan (serbuk sari) dan gamet betina (putik). Kemudian setelah berlangsung proses pembuahan, dari peleburan itu maka akan terbentuk zigot yang akan terus berkembang hingga nantinya zigot tersebut menjadi bakal biji. Bakal biji inilah yang nantinya akan tumbuh menjadi biji. Bagian lainnya dari tumbuhan yaitu juga adanya bakal buah. Bakal buah juga akan tumbuh menjadi daging buah, dimana ketika nanti menjadi buah, didalamnya akan terdapat biji yang mana akan menjadi calon tumbuhan baru jika ditanam pada daerah atau media tanam yang sesuai dengan jenisnya.

http://popcensus.nso.go.th/web/nsobd/data/10227.html
http://cekiwir.web.id/cara-perkembangbiakan-generatif-pada-tumbuhan/
http://serasi.esy.es/cara-perkembangbiakan-generatif-pada-tumbuhan/

Comments

Sign In or Register to comment.
© Copyright 2015. Turn Games Technologies. Powered by Vanilla