Struktur dan bentuk Kromosom

ituseo
ituseo
Pernah gak sih kalian membayangkan jika kalian terlahir sebagai anak blesteran, misalkan blesteran Indo-Korsel seperti Ranty Maria atau blesteran Indo-Arab seperti Fachry Albar, karena bisa kita lihat paras kedua artis tersebut tidak seperti orang local kebanyakan karena sebagian dari mereka memiliki gen atau sifat keturunan dari ayah atau ibu mereka yang menjadikan perpaduan yang amat sangat mencolok. Pertanyaannya adalah organ apakah dalam tubuh yang berperan mewariskan sifat ini ? Berdasarkan hasil penelitian berabad-abad yang lalu diketahui sel diidentifikasi sebagai unit satuan terkecil yang mampu menurunkan sifat kepada keturunannya. Dalam sel pasti ada inti sel, nah di dalam inti sel tersebut terdapat kromosom yakni yang berfungsi sebagai pembawa sifat keturunan. Setiap anak pasti mewarisi kebiasaan dari orangtuanya entah itu kebiasan jelek ataupun yang baik, tapi bukan berarti tidak bisa dirubah. Istilah kromosom diberikan untuk pertama kalinya oleh Weyder pada tahun 1882 untuk benda halus yang berbentuk benang panjang dan pendek yang dapat dilihat di dalam nucleus. Kromosom terletak di sel nucleus ( sel gonad maupun sel somatid ) dengan jumlah yang sama dalam suatu individu. Kali ini yang akan saya bahas adalah tentang struktur dan bentuk kromosom.
1. Struktur Kromosom

Kromosom merupakan benang-benang tipis melingkar yang memiliki struktur padat yang terdiri dari DNA, RNA, dan protein, sepanjang benang ini terletak gen yang terstruktur, setiap gen menempati tempat tertentu dalam kromosom, tempat gen ini dinamakn lokus. Gen inilah yang berperan sangat penting dalam pewarisan sifat keturunan dari nenek moyang kita terdahulu sampai sekarang. Nah fungsi gen ini yang menjadikan wajah para blesteran agak berbeda dari pribumi. Walaupun terkadang dari mereka berwajah pribumi karena gen dari salah satu orangtua Indo nya lah yang kuat. DNA adalah pembawa materi genetik. Sering kita temui dalam sinetron anak yang tertukar misalnya, nah dengan tes DNA ini bisa menunjukkan bahwa si A ini benar-benar anak kandung si B atau tidak. DNA juga merupakan tempat penyimpanan informasi genetika yang akan diwariskan kepada keturunannya. Protein penyusun kromosom yakni protein histon yang bersifat basa dan protein nonhiston yang bersifat asam. Menggulung kromosom sehingga menjadi padat dan memastikan keutuhan kromatin serta berperan sebagai enzim pengganda dan pengkopi DNA menjadi RNA adalah fungsi keduanya. Kromosom pada organism prokariotik ada yang berupa RNA saja, ini dapat dijumpai pada virus mozaik (tembakau), ada pula yang berupa DNA saja misalnya pada virus T dan dapat pula mengandung DNA dan RNA seperti pada bakteri Escherichia coli

2. Bentuk-bentuk Kromosom
Setiap kromosom memiliki sentromer, karena sentromer berfungsi sebagai tempat berpegangannya benang-benang plasma dan spindle atau gelendong inti di waktu pembelahan sel berlangsung. Inilah tipe kromosom berdasarkan letak sentromernya.
1. Metacentric : Sentromernya terletak di tengah-tengah sehingga keempat lengannya sama panjang
2. Submetacentric : sentromernya terletak agak ke atas sehingga lengan atas kromosom lebih pendek dari lengan yang bawah
3. Acrosentric : sentrometernya terletak di ujung atas sehingga terdapat dua lengan kromosom yang jauh lebih panjang
4. Telocentric : sentrometernya terletak di paling ujung jadi hanya terlihat memiliki dua lengan
5. Chromosom with satellites : Berdasarkan Fergusson-Smith dan Handmaker, beberapa atau semua kelompok kromosom mengkin memiliki satelit. Postulat Englemann menjelaskan bahwa jumlah satelit kromosom kurang lebih 10 pasangan yang identik dan mempunyai jumlah yang sama pada suatu tipe, hal ini merupakan ciri struktural pada segregasi hukum Mendel.
Nah itu dia sedikit ringkasan tentang struktur kromosom dan bentuk-bentuknya. Semoga selalu bermanfaat buat teman-teman. Tak lupa kita harus selalu bersyukur atas apa yang ada dalam diri kita.

https://ilmudasar.id/pengertian-kromosom/
http://raleighdowntowner.co/kromosom/
https://assyfaputriazzahra.blogspot.com/2019/04/macam-dan-ciri-kromosom.html
Sign In or Register to comment.
© Copyright 2015. Turn Games Technologies. Powered by Vanilla