Putsa, Si Apel India

ituseo
ituseo
Putsa, Si Apel India - Putsa atau dikenal juga dengan nama populer apel India ini mempunyai nama secantik buahnya yang berwarna hijau terang adalah salah satu buah yang berasal dari India. Di sana, putsa dibudidayakan secara modern dan dalam skala besar oleh petani buah.

Apel India ini sama dengan kebanyakan buah apel lainnya, memiliki ukuran sebesar bola pingpong atau lebih besar sedikit seperti telur bebek dengan cita rasa manis dan renyah serta berair, enak dikonsumsi sebagai buah meja, dibuat jus, sebagai campuran membuat salad segar atau dalam skala besar dijadikan bahan campuran membuat obat batuk sirup untuk anak – anak seperti di Indonesia, dengan tingkat kematangan sekitar 80% sudah dipanen untuk mendapatkan kondisi buah yang terasa renyah.

Putsa di luar India kerap dimanfaatkan sebagai tanaman hias berupa tabulampot yang memiliki ukuran pohon tidak terlalu tinggi, sekilas pandang terlihat batangnya agak rapuh, namun bunga dan bakal buah di setiap ranting umumnya sangat banyak. Untuk menghindari patah pada batang utama maka petani buah membuang beberapa bakal buah yang tumbuh lebat dalam satu tangkai.

Pot yang dimanfaatkan untuk menanam putsa di dalam pot adalah yang berdiameter 35 cm dimana merawat putsa tidak sesulit yang anda bayangkan. Putsa menyukai media tanam yang lembap, bukan becek atau basah, dan hindari tanahnya jangan terlalu kering. Untuk penyiraman, gunakan air buangan bekas AC, atau cucian beras, daging, dan ikan. Untuk pupuk, dapat menggunakan NPK yang bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali. Dosis pemakaian NPK untuk semua tanaman adalah 10 liter air dengan 5 sendok teh NPK. Campuran air dan pupuk agar diaduk merata. Selanjutnya, cukup pemberian 1 gayung saja untuk setiap pot tanaman yang tersedia. Seperti juga tanaman lainnya, perhatikan pasokan intensitas cahaya dengan memilih lokasi pembenihan putsa di tempat yang mendapatkan sinar matahari secara langsung.

Usai melakukan perawatan dengan pemberian pupuk, ketika bakal buah mulai bermunculan, mulailah melakukan penjarangan dengan membuang sebagian buah pada salah satu ranting pohon yang terlalu kecil tetapi memiliki bakal buah yang cukup banyak. Bakal buah putsa biasanya memang sangat banyak sekali saat musim berbuah, namun tidak semuanya berhasil dibesarkan. Pilih buah yang bagus dan lainnya yang agak jelek anda buang saja. Langkah ini dimaksudkan untuk memperoleh buah yang besar dan layak untuk dikonsumsi dengan rasa manis. Sambil anda menyeleksi bakal buah, lakukan juga pemangkasan cabang dan ranting yang tak berguna serta membuang daun - daun kering dan kuning atau cabuti rumput dan tanaman liar di sekitar tempat pohon apel ini tumbuh (biasanya pada kebun dalam skala besar).

Hama yang suka menyerang tanaman putsa biasanya adalah kutu putih dan penggerek batang. Tanaman yang terkena hama putih terlihat dari batang, daun, dan bakal buahnya diselimuti lapisan seperti kapas berwarna putih yang lengket. Jika anda biarkan begitu saja, kutu putih bisa menulari tanaman lainnya dan lama - lama pohon akan mati.

Disarankan untuk membungkus bakal buah dengan plastik atau kertas koran untuk tujuan menghindari serangan lalat buah ketika bakal buah tampak mulai membesar dan mendekati waktu panen. Buah yang terlanjur terserang hama lalat buah, biasanya tidak dapat dikonsumsi lagi, karena daging buahnya berisi ulat dan mudah busuk.
Putsa enak disantap pada waktu pagi hari sebagai menu sarapan pagi setiap hari karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Maka dari itu, putsa sangat baik diberikan bagi penderita diabetes dan darah tinggi apalagi harga putsa di pasaran sangat murah meskipun saat ini termasuk buah impor dari India, putsa adalah tanaman yang tidak mengenal musim berbuah di sepanjang tahun, sehingga dikenal sebagai buah sepanjang masa dengan bentuk pohon yang cantik, pohonnya tidak terlalu tinggi, dan rajin sekali berbuah saat musim berbuah tiba.

https://ilmudasar.id/perbedaan-perdagangan-dalam-dan-luar-negeri/
https://www.docdroid.net/TXYtEah/indian-fish-curry.docx
Sign In or Register to comment.
© Copyright 2015. Turn Games Technologies. Powered by Vanilla