Fungsi dan Tujuan Analisis

layananseomurah
layananseomurah
Fungsi dan Tujuan Analisis - Analisis adalah kegaiatn berfikir untuk mencari fakta atau menguraikan pokok menjadi bagian - bagian tertentu sampai dapat ciri - ciri atau karakteristik tiap bagian. Analisis atau analisa berasal dari bahasa Yunani “analusis” yang berarti melepaskan atau menguraikan. Analisis adalah kegiatan merangkum sejumlah data yang masih mentah, yang kemudian mengelompokan atau memisahkan komponen-komponennya serta bagian-bagianya yang relevan untuk kemudian mengkaitkan data yang dikumpulkan untuk menjawab suatu permasalahan.

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Pengertian Analisis Menurut Komaruddin (2001:53)

Menurut Komaruddin, pengertian analisis adalah kegiatan berpikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehinga dapat mengenali tanda-tanda dari komponen tersebut, hubungannya satu sama lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.

Pengertian Analisis Menurut Peter Salim dan Yenni Salim (2002)

Di dalam Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer (KBIK) karya Peter Salim dan Yenni Salim (2002) menjabarkan pengertian analisis sebagai berikut:

1. Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa untuk mendapatkan fakta yang tepat (asal usul, sebab, penyebab sebenarnya, dan sebagainya).
2. Analisis adalah penguraian pokok persoalan atas bagian-bagian, penelaahan bagian-bagian tersebut dan hubungan antara bagian - bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dengan pemahaman secara
Analisis berfungsi untuk mengumpulkan data - data yang terdapat pada suatu lingkungan tertentu. Analisis lebih baik digunakan dalam keadaan kritis serta juga untuk keadaan yang membutuhkan strategi. Karena dari analisis dapat mengetahui secara mendetail mengenai keadaan lingkungan saat ini. Analisis dapat digunakan di berbagai keadaan lingkungan.

Analisis sendiri bertujuan untuk mengumpulkan data yang nantinya data-data tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan pelaku analisis. Biasanya akan dipergunakan untuk menyelesaikan krisis atau juga konflik, atau dapat saja digunakan hanya sebagai arsip. Di bidang sains, analisis juga dapat digunakan sebelum melakukan penelitian atau eksperimen.

Analisis memiliki macam - macam jenis, yaitu :

1. Analisis Logika : analisis yang berdasarkan pada logika dan juga pembelahan yang jelas antara satu dengan yang lain.
2. Analisis realis : analisis yang dalam prosesnya menggunakan urutan benda yakni sebagai dasar pemikiran

https://ilmudasar.id/pengertian-analisis/
https://poptype.co/dasarid/pengertian-dan-tujuan-analisis
https://assyfaputriazzahra.blogspot.com/2019/03/jenis-fungsi-dan-tujuan-analisis.html

Comments

Sign In or Register to comment.
© Copyright 2015. Turn Games Technologies. Powered by Vanilla