Pengertian Sertifikasi Guru

layananseomurah
layananseomurah
Pengertian Sertifikasi Guru - Sertifikasi guru adalah sertifikat pendidik yang diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar profesional guru. Sertifikat pendidik sendiri adalah sertifikat yang ditandatangani oleh perguruan tinggi sebagai bukti formal pengakuan profesionalitas seorang guru. Sertifikasi guru diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 pasal 8 dan 11 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Landasan lainnya yang digunakan juga adalah Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 tahun 2007 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan.

Sertifikat guru bertujuan untuk menentukan kelayakan seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar, meningkatkan proses dan mutu pendidikan, dan meningkatkan martabat serta profesionalitas guru. Sedangkan untuk manfaatnya, sertifikat guru dapat melindungi profesi guru dan masyarakat dari praktik pendidikan yang tidak kompeten, tidak berkualitas, dan tidak profesional. Selain itu, sertifikasi guru juga membantu untuk meningkatkan kesejahteraan guru.

https://ilmudasar.id/pengertian-sertifikasi-guru/

Dengan mengikuti sertifikasi guru, maka seorang guru dapat memiliki gelar S.PD, Gr. GR merupakan singkatan dari Guru Profesional yang berarti seorang guru memiliki kualitas yang sesuai dengan kompetensi pendidikan nasional. Selain itu, dengan mengikuti sertifikasi guru, seorang guru juga akan memperoleh tunjangan sertifikasi. Tunjangan tersebut merupakan bentuk penghargaan pemerintah atas profesionalisme dan kerja keras guru.

Adapun sebagian dari syarat-syarat yang diperlukan untuk mengikuti sertifikasi guru adalah sebagai berikut:

• Belum mempunyai sertifikat pendidik, tetapi masih aktif bertugas mengajar di sekolah yang berada di bawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kecuali guru agama karena berada di bawah Kementiran Agama.
• Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
• Sudah menjadi guru pada suatu satuan pendidikan saat ditetapkannya UU No 14 tahun 2005 atau UUGD 30 Desember 2005. Apabila guru yang ditetapkan sebagi seorang guru setelah UU tersebut, maka kemungkinan akan diwajibkan mengikuti program Pendidikan dan Pelatihan Guru (PPG).
• Surat Ketetapan terkait dengan kepegawaian guru haruslah didasarkan dengan SK Honor atau SK CPNS/PNS yang ditandatangani oleh kepala daerah.
• Sehat baik secara jasmani maupun rohani.
• Peserta sertifikasi guru harus memiliki pendidikan setidaknya S1 atau DIV dari perguruan tinggi yang sudah terakreditasi, atau setidaknya memiliki izin penyelenggaraan.

https://poptype.co/dasarilmu/pengertian-sertifikasi-guru

Comments

Sign In or Register to comment.
© Copyright 2015. Turn Games Technologies. Powered by Vanilla