Fungsi Dan Struktur Kloroplas

assyfa
assyfa
Fungsi Dan Struktur Kloroplas - Alasan tumbuhan sebagian besar terlihat berwarna hijau adalah karena adanya pigmen berwarna hijau yang disebut klorofil. Klorofil terletak pada sebuah organel sel yang dikenal dengan nama kloroplas. Sel ini hanya dapat ditemukan pada tumbuhan. Untuk melihat klorofil dan kloroplas dapat menggunakan mikroskop.

Umumnya, pada tumbuhan tingkat tinggi, kloroplas berbentuk cakram dengan berdiameter 2 x 5 mm. Kloroplas tersebut tersusun dalam lapisan tunggal dalam sitoplasma. Tingkat intensitas cahaya terkadang dapat mempengaruhi bentuk dan posisi dari kloroplas, seperti pada ganggang.

https://ilmudasar.id/pengertian-kloroplas/

Kloroplas memiliki sistem tiga membran yakni membran luar, membran dalam, dan sistem tilakoid. Dalam membran terdapat sebuah cairan semi gel yang disebut stroma. Di dalam stroma inilah terjadi reaksi gelap fotosintesis.

Secara umum, kloroplas terdiri dari empat struktur utama, yaitu membran luar, membran dalam, stroma, dan tilakoid. Membran luar adalah sebuah lapisan semi-berpori dan bersifat permeabel untuk ion dan molekul-molekul berukuran kecil. Membran dalam berfungsi untuk mengatur material yang masuk dan keluar dari kloroplas. Di dalam stroma terdapat protein, ribosom kloroplas, DNA kloroplas, sistem tilakoid, dan granula pati yang berguna untuk reaksi gelap fotosintesis atau di kenal dengan istilah siklus Calvin.

Sistem tilakoid yang terletak di dalam stroma adalah sekumpulan karung membran yang disebut tilakoid. Klorofil yang berpengaruh dalam proses fotosintesis dapat ditemukan dalam tilakoid tersebut. Tilakoid diatur dalam tumpukan yang dikenal sebagai grana dimana setiap grana dapat berisi 10 sampai 20 tilakoid.

http://ituseo.com/pengertian-struktur-dan-fungsi-kloroplas/

Terdapat dua jenis tilakoid yaitu tilakoid granal dan tilakoid stroma. Tilakoid granal adalah tilakoid dengan diameter 300 sampai 600 nanometer berbentuk cakram melingkar yang terdapat didalam grana. Sedangkan tilakoid stroma adalah tilakoid yang bersentuhan langsung dengan stroma dan berbentuk lembaran helikoid.

Di dalam tumbuhan, kloroplas memiliki fungsi yang sangat penting yakni sebagai tempat fotosintesis. Tanpa adanya kloroplas, tumbuhan tidak akan mampu bertahan hidup karena kekurangan energi. Saat fotosintesis, terjadi reaksi yang mengubah karbo dioksida menjadi gula. Fotosintesis menggunakan cahaya sebagai sumber energi. Sedangkan oksigen dan karbohidrat diperoleh dari reaksi air dan karbon dioksida.

http://1001pengertian.com/pengertian-kloroplas/

Comments

Sign In or Register to comment.
© Copyright 2015. Turn Games Technologies. Powered by Vanilla