Pengertian Sosiologi

assyfa
assyfa
Pengertian Sosiologi - Sebagai seorang manusia, tentu tidak terlepas dari kehidupan bermasyarakat. Artinya, manusia tidak akan bisa hidup di tengah masyarakat, jika dia tidak menjalin interaksi yang baik dengan manusia lainnya. Interaksi inilah yang acap diistilahkan sebagai interaksi sosial. Interaksi kolektif yang tidak jarang, menimbulkan banyak masalah.

Tentu kita sering mendengar yang namanya konflik sosial. Konflik sosial terjadi, akibat munculnya perbedaan persepsi sosial yang dialami oleh masyarakat. Bisa juga akibat benturan ideologi dan paradigma, antara interaksi sosial dengan bidang lain. Seperti benturan sosial dengan budaya dan agama.

https://ilmudasar.id/pengertian-dan-definisi-sosiologi/

Untuk bisa menyelesaikan masalah konflik diatas, kita harus pahami dulu definisi Sosiologi. Karena didalamnya terdapat aneka pandangan sosial. Yang melibatkan manusia dan lingkungan. Jika kita paham Sosiologi, keinginan untuk mempelajarinya dan mengimplementasikannya dalam kehidupan, semakin kuat.

Pengertian Sosiologi

a. Pengertian Menurut Bahasa

Menurut etimologi bahasa, Sosiologi diserap dari bahasa Latin yaitu Socius dan Logos. Socius mengandung arti “kawan” . Sedangkan Logos adalah “ilmu pengetahuan” . Jadi, menurut etimologi bahasa, Sosiologi adalah ilmu yang mengkaji tentang persaudaraan atau pertemanan.

b. Pengertian Menurut Pakar Sosial

1. Menurut Pitirim Sorokin

Pitirim Sorokin mengatakan, Sosiologi adalah ilmu untuk mengkaji hubungan, yang muncul akibat perbedaan gejala sosial beserta pengaruhnya. Seperti hubungan antar keluarga, hubungan moral dan hubungan ekonomi. Menurut beliau, hubungan-hubungan ini dikaji di dalam Sosiologi, untuk diamati pengaruhnya bagi kehidupan manusia.

2. Menurut Soerjono Soekanto

Pengertian Sosiologi menurut Soerjono Soekanto lebih ringkas. Menurut beliau, Sosiologi adalah ilmu yang mengkaji gejala sosial, dalam aspek hubungan kemasyarakatan saja. Alhasil, pola kajian hanya menjamah prilaku-prilaku umum, yang terjadi didalam lingkungan masyarakat.

http://superterpercaya.com/pengertian-dan-contoh-fermentasi/

3. Menurut Mayor Polak

Pengertian Sosiologi menurut pakar ini lebih mendetail. Menurutnya, Sosiologi adalah ilmu pengetahuan, yang mempelajari interaksi masyarakat secara lengkap. Interaksi yang berkaitan dengan hubungan antar manusia di dalam kelompok tertentu. Hingga interaksi antar kelompok.

Nah, setelah membaca semua pengertian diatas, bisa disimpulkan kalau Sosiologi adalah ilmu pengetahuan, yang mempelajari dan mengkaji hubungan antar manusia di dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam rangka membaca gejala-gejala ekonomi, budaya, keluarga dan lain lain, yang di alami oleh manusia itu sendiri.
itulah pengertian Sosiologi. Ilmu yang layak dipelajari secara serius. Karena dengannya, konflik sosial bisa diminimalkan. Sehingga kehidupan bermasyarakat lebih damai.

https://assyfaputriazzahra.blogspot.com/2019/01/pengertian-norma-sosial-serta-hal.html

Comments

Sign In or Register to comment.
© Copyright 2015. Turn Games Technologies. Powered by Vanilla