Pengertian dan Dampak Etnosentrisme

assyfa
assyfa
Pengertian dan Dampak Etnosentrisme - Menghargai keragaman budaya, bahasa, seni dan sebagainya, adalah langkah pertama tercapainya jiwa toleransi antar masyarakat. Mencintai budaya, bahasa dan seni kita sendiri, merupakan tindakan sadar budaya yang tidak boleh kita lupakan. Yang salah adalah fanatisme kesukuan, yang menganggap kebudayaan suku lain sangatlah rendah.

Untuk mengurai lebih jauh masalah diatas, Anda harus memahami tentang etnosentrisme. Sebuah aliran kebudayaan yang acap berbenturan dengan realitas bermasyarakat. Bahkan tidak jarang, masalah etnosentrisme ini menimbulkan konflik horisontal.

https://ilmudasar.id/pengertian-etnosentrisme/

Pengertian Etnosentrisme

a. Pengertian Secara Umum

Etnosentrisme adalah kecenderungan menilai kebudayaan orang lain, yang dilihat secara subyektif. Artinya, pengamatan tersebut disandarkan pada penilaian dari budaya sendiri. Akhirnya, akibat aliran ini, kebudayaan masyarakat menjadi terpetak-petak. Sekalipun tidak menghilangkan ciri khas dan identitas-nya.

b. Pengertian Secara Khusus

Sedangkan secara khusus, etnosentrisme adalah fanatisme kesukuan. Yang mana, masyarakat dengan kebudayaan tertentu, menganggap kalau hanya kebudayaannya lah yang paling benar. Untuk tingkat lebih luas, etnosentrisme bisa diartikan sebagai legetimasi, kalau kebudayaan bangsanya masih lebih tinggi, dibandingkan kebudayaan bangsa lain.

Paham etnosentrisme merupakan pola berpikir masyarakat berbudaya yang wajar. Akan tetapi terkadang, paham ini ber-konotasi negatif. Karena dalam implementasi-nya, masih ditemukan tindakan pelecehan dan penghinaan terhadap kebudayaan yang berbeda. Walaupun begitu, Sisi positif etnosentrisme harus terus di sosialisasi-kan secara intens. Seperti bisa meningkatkan patriotisme. Serta menggalakkan sadar cinta budaya dan kebudayaan.

https://assyfaputriazzahra.blogspot.com/2018/11/pengertian-pengaruh-dan-dampak.html

Dampak-dampak Etnosentrisme

Etnosentrisme memiliki dampak-dampak tertentu. Baik dampak positif maupun dampak negatif. Berikut penjabaran dampak-dampak tersebut. Yang bisa anda jadikan sebagai landasan ber-nalar tentang etnosentris yang lebih bersih.

a. Dampak Negatif

1. Bisa menimbulkan konflik antar masyarakat
2. Muncul aliran politik yang berseberangan
3. Proses integrasi menjadi terhambat
4. Menghambat asimilasi antar budaya.
b. Dampak Positif
1. Meningkatkan semangat patriotis
2. Menjaga stabilitas kebudayaan
3. Menjaga keutuhan nilai kebudayaan.

Contoh-contoh Etnosentrisme

Penjelasan tentang pengertian etnosentrisme dan dampaknya, serasa kurang lengkap jika tidak disertai dengan contoh konkrit-nya. Ini dia contoh tersebut :
“Carok dianggap budaya bagi suku Madura. Tetapi, jika diamati dari suku Papua, tentu budaya ini dianggap kekerasan dan kejahatan. Sebaliknya, pakaian Koteka dianggap pakaian tabu oleh masyarakat Madura. Tetapi bagi orang Papua, Koteka justru pakaian kebanggaan“.
Inilah pengertian etnosentrisme dan dampaknya. Semoga bisa menjadi bertambahnya keilmuan dalam soal kebudayaan. Silakan jadikan etnosentrisme sebagai pemersatu. Bukan justru menjadi alasam pemecah belah.

http://ritaelfianis.com/pengertian-pengaruh-dan-dampak-etnosentrisme/

Comments

Sign In or Register to comment.
© Copyright 2015. Turn Games Technologies. Powered by Vanilla