Pengertian dan Perbedaan Antara Visa dan Paspor

ilmuhewan
ilmuhewan
Visa dan paspor merupakan dokumen yang dibutuhkan untuk bepergian ke luar negeri. Banyak orang yang masih bingung perbedaan antara visa dan paspor. Simak penjelasan berikut untuk memahami perbedaan antara visa dan paspor

Pengertian Visa

Visa merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu negara yang berisi izin untuk memperbolehkan pemiliknya masuk ke wilayah negara tersebut. Visa memiliki jangka waktu berlaku tertentu sesuai tujuan pengajuan visa. Kegunaan visa adalah sebagai surat izin untuk memasuki suatu negara. Dokumen ini diperlihatkan saat memasuki pintu masuk imigrasi.

Baca Juga : http://ilmudasar.id/pengertian-dan-asas-asas-hukum-acara-perdata/

Biasanya visa berupa stempel yang dicap pada paspor asli pemilik visa. Ada pula negara yang menggunakan stiker untuk ditempel di paspor, atau kombinasi dari keduanya. Ada berbagai jenis visa yang dikeluarkan, tergantung kepada tujuan penggunaannya. Misalnya visa liburan, visa untuk pelajar, visa untuk bekerja, visa untuk pertukaran pelajar, visa untuk keperluas bisnis, dan lain sebagainya.

Pengertian Paspor

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan pejabat suatu negara. Dokumen ini memuat identitas pemegangnya. Identitas ini mencakup biodata (nama, alamat, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir), foto, tanda tangan, informasi kebangsaan, dan lain-lain.

Baca Juga : http://ilmudasar.id/sistem-sirkulasi-darah-sapi-perah/

Penduduk suatu negara membutuhkan paspor untuk bepergian ke negara lain. Paspor merupakan salah satu dokumen yang harus ditunjukkan ketika memasuki perbatasan suatu negara. Untuk memasuki suatu negara tertentu, perlu untuk menunjukkan paspor yang telah diberi cap visa yang diberikan oleh petugas negara tempat tujuan.

Perbedaan Visa dan Paspor

Visa dan paspor merupakan dua dokumen yang berbeda. Kedua dokumen ini diperlukan untuk bepergian ke luar negeri. Paspor dikeluarkan oleh negara asal, sedangkan visa diterbitkan oleh negara tujuan. Satu paspor dapat digunakan untuk bepergian ke beberapa negara.

Baca Juga : https://www.docdroid.net/phACd64/pengertian-fungsi-struktur-dan-bagian-hidung.docx

Visa merupakan dokumen khusus sebagai izin untuk memasuki negara tertentu. Tentunya, sebelum dapat mendapatkan visa, seseorang harus terlebih dahulu memiliki paspor. Paspor memiliki masa berlaku yang cukup lama yaitu lima tahun, sedangkan visa tergantung kepada tujuannya.

Misal seorang penduduk Indonesia memiliki paspor Indonesia dan ingin berlibur ke Inggris. Ia akan mendapat visa Inggris yang distempel di paspornya dan berlaku selama sebulan sejak ia memasuki perbatasan imigrasi Inggris.

Baca Juga : http://jurirakyat.net/cara-mengobati-dan-menghilangkan-kutu-pada-burung-peliharaan/
Sign In or Register to comment.
© Copyright 2015. Turn Games Technologies. Powered by Vanilla